CA/TWA Pananjung-Pangandaran

[:id]

Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), salah satu hewan yang mudah ditemui di CA/TWA Pananjung-Pangandaran

Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), salah satu hewan yang mudah ditemui di CA/TWA Pananjung-Pangandaran.

[:en]Cagar Alam/Taman Wisata Alam Pananjung-Pangandaran merupakan salah satu destinasi kuliah lapangan “langganan” SITH ITB sejak dulu. Tempat ini memiliki tipe ekosistem yang cukup lengkap mulai dari pantai pasang-surut, padang rumput, hutan pantai, hingga hutan dataran rendah. Hal ini membuat kegiatan dan materi pengamatan saat kuliah lapangan cukup lengkap.

Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), salah satu hewan yang mudah ditemui di CA/TWA Pananjung-Pangandaran

Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), salah satu hewan yang mudah ditemui di CA/TWA Pananjung-Pangandaran (Foto: Ganjar Cahyadi).

Kuliah lapangan biasanya diadakan pada pertengahan atau akhir masa perkuliahan sebelum ujian akhir semester. Kegiatan kuliah lapangan melibatkan partisipasi aktif baik dari mahasiswa praktikan, dosen pengampu mata kuliah terkait maupun kurator museum. Mata kuliah wajib yang biasa mengadakan kuliah lapangan keĀ CA/TWA Pananjung-Pangandaran diantaranya Biosistematika (Program Studi Sarjana Biologi) serta Taksonomi Hewan dan Taksonomi Tumbuhan (Program Studi Sarjana Rekayasa Kehutanan). Kegiatan yang dilakukan pada saat kuliah lapangan diantaranya pengamatan burung pada pagi dan sore hari, pengamatan serangga dan arthropoda lainnya pada pagi hari, pengamatan hewan di dalam gua, pengamatanĀ ikan dan invertebrata laut di Pasir Putih saat air surut, pengamatan amfibi dan reptil pada malam hari, serta kunjungan ke Tempat Pelelangan Ikan Pangandaran.[:]